Tips Merawat Mesin Espresso Supaya Awet Pemakaian

Home / Mesin / Tips Merawat Mesin Espresso Supaya Awet Pemakaian

Tips Merawat Mesin Espresso Supaya Awet Pemakaian

Jual mesin espresso – Dengan harga jual mesin espresso yang mahal membawa konsekuensi anda harus merawatnya dengan baik. Anda jelas tidak mau bukan sudah menghabiskan biaya untuk beli tapi hanya berfungsi normal di awalnya saja. Maka dari itu artikel ini akan memberikan tips-tips bagaimana merawat mesin espresso yang baik dan benar : 

  1. Pembersihan bagian filter basket dan portafilter 

Kedua bagian ini merupakan tempat yang pasti akan paling kotor karena merupakan tempat penyaringan ampas-ampas kopi. Dengan demikian anda harus selalu memastikan bahwa filter basket maupun portafilter selalu benar-benar bersih sebelum digunakan kembali. Tujuannya supaya rasa espresso yang dihasilkan tidak bercampur-campur 1 sama lain. 

Cara membersihkannya cukup mudah, anda tinggal merendam portafilter dan filter basket tersebut dalam air panas selama 15-30 menit.

2. Pembersihan Grouphead Atau Tempat Portafilter

Grouphead adalah tempat pemasangan dari portafilter. Memang tidak perlu dibersihkan seintens portafilter tapi tetap setidaknya ada jadwal rutin supaya jangan sampai ada akumulasi ampas kopi yang menggumpal di situ.

Untuk cara pembersihannya adalah berikut ini :

  1. Tuangkan satu sendok teh atau baking soda ke bagian portafilter
  2. Rekatkan portafilter dengan  grouphead
  3. Nyalakan mesin selama kurang lebih 10 detik. Selanjutnya matikan selama beberapa detik lalu nyalakan lagi selama 10 detik. Ulangi pola pembersihan ini hingga 4 kali
  4. Lepaskan portafilter lalu  cuci hingga benar-benar bersih. Kemudian pasang kembali portafilter yang sudah bersih  dan aktifkan lagi selama 10 detik.
  5. Cara pembersihan ini hanya bisa dilakukan jika mesin espresso  memiliki fitur electrovalve 3 arah yang memungkinkan proses pembilasan balik
  6. Pembersihan steam wand

Steam wand merupakan bagian yang berfungsi untuk menguapkan susu supaya membentuk busa. Setelah proses pembusaan dilakukan, segera lap steam wand dengan kain masih yang masih bersih. Jangan sampai ada sisa-sisa susu yang menempel

Itulah tadi beberapa cara merawat mesin espresso supaya lebih awet.  Tentu anda tidak mau bukan  mesin espresso  cepat rusak sehingga harus jual mesin espresso tersebut dengan harga lebih rendah dan harus segera cari pengganti?

LEAVE A COMMENT

All fields are mandatory.