Keuntungan Pinjam Dana di Badan Perkreditan Rakyat Syariah

Home / Keuangan / Keuntungan Pinjam Dana di Badan Perkreditan Rakyat Syariah

Keuntungan Pinjam Dana di Badan Perkreditan Rakyat Syariah

Untuk Anda yang berpikir apakah meminjam dana di lembaga keuangan BPR Syariah menguntungkan atau tidak maksimal berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai syarat pinjam di BPR yang perlu Anda perhatikan. 

Kaidah islami 

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika Anda akan meminjam dana di jasa lembaga keuangan BPR Syariah adalah mengenai kaidah dari peminjaman dana ini. Peminjaman dana di lembaga keuangan BPR Syariah ini akan menggunakan prinsip-prinsip keislaman dalam peminjaman dana. Untuk peminjaman dan penyewaan, maka lembaga keuangan BPR Syariah akan memberikan layanan pinjaman dana dengan akad beli dan akad sewa oleh karena itu, tidak ada unsur riba di dalamnya. 

Tidak ada kenaikan angsuran 

Hal lain yang menjadi kelebihan jika Anda meminjam dana di lembaga keuangan BPR Syariah adalah mengenai kenaikan angsuran. Di beberapa bank, kredit pinjaman bisa naik sesuai dengan kenaikan valas atau karena faktor yang lainnya. Beda dengan pinjaman di lembaga keuangan BPR Syariah. 

Jika Anda pinjam dana di lembaga keuangan BPR Syariah, maka Anda akan hanya, maka membayar dana dengan flat sesuai dengan yang sudah di sepakati sebelumnya. Jadi tidak mungkin ada kenaikan bunga pinjaman. 

Syarat lebih lunak 

Hal lainnya yang menjadi salah satu hal dimana peminjaman dana di lembaga keuangan BPR Syariah lebih lunak adalah mengenai syarat pinjamannya. Ketika Anda akan meminjam dana di lembaga keuangan BPR Syariah ini Anda bisa mendapatkan syarat pinjam di BPR yang lebih ringan. 

Sesungguhnya syarat peminjaman dana memang tergantung pada masing-masing lembaga keuangan BPR Syariah yang akan Anda gunakan, akan tetapi biasanya lembaga keuangan BPR Syariah memang mampu memberikan syarat pinjaman yang lebih lunak, akan tetapi ada juga batasan-batasan pinjamannya. 

Dalam hal syariah, tidak ada juga penalti dan juga denda yang akan diberikan pada nasabah yang terlambat membayar uang mereka. Hal inilah yang membuat lembaga keuangan BPR Syariah ini menjadi lembaga keuangan yang lebih meringankan beban. 

Kekurangan meminjam dana di lembaga keuangan BPR Syariah

Nah meskipun ada kelebihannya, tentu meminjam dana di salah satu lembaga juga memiliki kekurangan. Kekurangan meminjam dana di lembaga keuangan BPR Syariah ini antara lain adalah biaya angsuran yang cenderung lebih tinggi dan juga mengenai jenis produk yang dimilikinya. Jika dibandingkan dengan lembaga keuangan BPR yang konvensional, maka lembaga keuangan BPR Syariah dinilai masih memiliki jenis produk yang sangat minim. 

Hal ini memang perlu dibenahi mengingat masyarakat Indonesia saat ini sudah makin banyak yang mulai berpindah ke lembaga keuangan BPR Syariah dan juga bank umum syariah karena perluasan pengetahuan mengenai finansial halal

Nah demikian ulasan mengenai hal yang berhubungan dengan kelebihan dan kekurangan serta syarat pinjam di BPR syariah, semoga bermanfaat!

LEAVE A COMMENT

All fields are mandatory.