Jenis – Jenis Mesin Deep Fryer

Home / Dapur / Jenis – Jenis Mesin Deep Fryer

Jenis – Jenis Mesin Deep Fryer

Memasak adalah kegiatan yang dapat menghasilkan suatu makanan dengan berbagai teknik yang dilakukan. Teknik memasak yang sering digunakan adalah teknik menggoreng, salah satunya adalah teknik deep frying. Teknik ini dapat membuat makanan yang digoreng memiliki permukaan yang renyah dengan bagian dalam yang matang secara merata. Teknik deep frying dapat dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut mesin jual deep fryer. Berikut dua jenis mesin tersebut. 

Deep fryer gas 

Mesin penggoreng deep fryer gas adalah mesin yang  menggunakan tenaga gas propane (LPG). Mesin ini  dilengkapi dengan thermostat yang memiliki fungsi untuk  mengatur suhu minyak yang dimasukkan kedalamnya.  Selain itu thermostat juga dapat mengatur suhu pada pot sehingga tetap stabil. Alat ini dioperasikan dengan cara memutar tombol pada bagian depan deep fryer gas. Suhu yang ditunjukkan muncul dalam satuan skala celcius jika di Indonesia dan muncul skala fahrenheit untuk negara lain. Misalkan saja jika Anda menggunakan alat penggorengan ini untuk menggoreng ayam, maka suhu yang diperlukan adalah 150°C dengan durasi menggoreng selama 15-16 menit.

Beberapa  mesin deep fryer gas biasanya juga dilengkapi dengan timer yang terletak pada bagian belakang. Timer berfungsi agar lama proses penggorengan dapat dipantau sehingga makanan yang digoreng tidak akan gosong. Alat ini menggunakan tenaga dari baterai. 

Deep fryer elektrik

Berbeda dengan deep fryer gas, deep fryer elektrik menggunakan tenaga listrik sebagai sumber daya utama. Kelebihan deep fryer jenis ini adalah pada tingkat kebersihannya. Selain itu, ukuran mesin yang lebih kecil membuatnya lebih praktis digunakan dan tidak memakan tempat di dapur. Pengoperasiannya juga dapat dilakukan secara otomatis karena menggunakan tenaga listrik. Namun beberapa orang lebih menyukai yang menggunakan gas karena yang elektrik dirasa tidak dapat mencapai panas yang tinggi. mesin deep fryer juga lebih sering digunakan karena harga gas yang lebih murah dibandingkan tarif listrik yang digunakan untuk deep fryer yang elektrik.

LEAVE A COMMENT

All fields are mandatory.