Jenis-Jenis Besi Plat Beserta Kegunaannya

Home / Bangunan / Jenis-Jenis Besi Plat Beserta Kegunaannya

Jenis-Jenis Besi Plat Beserta Kegunaannya

Selain plat besi strip, sebenarnya ada banyak jenis besi plat yang diproduksi. Semuanya mempunyai karakteristik berbeda sesuai pengaplikasiannya di berbagai sektor. Material besi plat sendiri banyak diaplikasikan untuk kebutuhan konstruksi bangunan yang memerlukan ketahanan dan kekuatan tinggi. Di samping untuk keperluan konstruksi, material besi plat ini juga biasanya diaplikasikan sebagai material dasar pada kendaraan kapal, truk, mobil dan sebagainya.

Apa Saja Jenis-Jenis Besi Plat dan Kegunaannya?

  1. Besi Plat Hitam

Plat hitam memiliki ukuran dimensi yang sama seperti tripleks, sekitar 122 x 244 cm dengan ketebalan yang bervariasi mulai dari 1,2 mm sampai 200 mm. Dalam struktur baja profil sendiri, kegunaan plat hitam ini biasanya dijadikan untuk penguat bangunan. Selain itu juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan material pembuatan tangki, dudukan material pada profil dan lain sebagainya.

  1. Besi Plat Kembang

Besi plat kembang ini memiliki permukaan yang bertekstur. Nama lainnya bisa disebut sebaga plat lantai atau berlian. Plat kembang memiliki ukuran standar sekitar 1,2 m x 2,4 m. Sementara untuk ketebalannya sendiri bervariasi. Kegunaan besi plat kembang ini biasanya untuk anak tangga maupun elemen lantai, baik pada sarana transportasi ataupun pada bangunan. Memiliki tekstur kasar untuk mengantisipasi licin, dengan demikian potensi terpeleset pun bisa diminimalisir. Sehingga penggunaannya sangat mendukung kenyamanan dan keamanan.

  1. Besi Plat Kapal

Sama seperti namanya, besi plat kapal biasanya dimanfaatkan untuk pembuatan instalasi kapal. Di samping itu juga diaplikasikan sebagai material fabrikasi dan konstruksi sekaligus pada pembuatan tangka. Karakteristik dari plat kapal ini memiliki ukuran yang lebar dan panjang. Berukuran panjang sekitar 6,000 mm dan ada 2 ukuran lebar, yakni 1.800 mm dan 1.500 mm. Keunggulan lainnya dari besi plat ini ialah memiliki ketahanan korosi tinggi.

  1. Plat Bodes

Plat Bordes merupakan area datar di dalam tangga yang biasa digunakan untuk meluruskan kaki. Jadi wajar jika plat bordes ini digunakan di area peralihan baik pada bagian tangga interior rumah maupun eksterior. Tekstur permukaannya sama seperti besi plat kembang, bisa meminimalisir resiko terpeleset apalagi saat area ini terkena aiar atau basah.

  1. plat besi strip

plat besi strip berbentuk sama dengan papan kau yang memiliki standar panjang sekitar 6 m dengan lebar yang bervariasi mulai dari 19 mm-200 mm. Sedangkan variasi ketebalan pada plat besi ini berkisar antara 3-12 mm. Jenis besi plat ini bisa diaplikasikan sebagai teralis jendela/pintu, material pagar, dan konstruksi yang berkaitan dengan perlindungan lainnya. Salah satu keunggulan plat strip ialah dapat ditekuk dengan mudah menggunakan las.

Dengan mengetahui jenis-jenis plat besi untuk konstruksi bangunan beserta manfaatnya, tentu Anda bisa menentukan manaj jenis plat besi yang sesuai untuk kebutuhan Anda. 

LEAVE A COMMENT

All fields are mandatory.