Perbedaan Vegetable Slicer dan Vegetable Cutter

Home / Kuliner / Perbedaan Vegetable Slicer dan Vegetable Cutter

Perbedaan Vegetable Slicer dan Vegetable Cutter

Beberapa orang sering menganggap bahwa vegetable slicer dengan vegetable cutter merupakan alat yang sama. Sebenarnya vegetable slicer dan vegetable cutter merupakan dua alat yang berbeda. Keduanya memang sama-sama merupakan alat pemotong sayuran dengan konsep kerja yang hampir sama, namun nyatanya keduanya memiliki prinsip kerja yang berbeda.

Jika dibandingkan kedua alat pemotong sayur tersebut, serupa tapi tak sama. Mau tahu lebih lanjut tentang vegetable slicer dan vegetable cutter? Penasaran dengan perbedaan apa saja yang membedakan keduanya? Mari lihat beberapa perbedaan vegetable slicer dan vegetable cutter berikut ini.

Pengertian

Secara umum pengertian keduanya sama, yaitu alat pemotong sayur. Namun secara spesifik vegetable cutter adalah mesin pemotong sayur. Sedangkan vegetable slicer sering diartikan sebagai pemarut sayuran. Hal ini dikarenakan memang cara kerja vegetable slicer yang mirip dengan parutan. Walaupun ada vegetable slicer elektrik namun cara kerjanya hampir sama dengan vegetable slicer manual. Sehingga dari sini dapat dilihat bahwa keduanya sudah terlihat berbeda.

Jenis Pisau yang Digunakan

Jika dilihat dari variasi bentuk potongan sayur yang dihasilkan, potongan sayur dengan vegetable slicer lebih variatif dibandingkan yang dipotong dengan vegetable cutter. Ini dikarenakan vegetable cutter hanya memiliki empat jenis pisau yang berbeda. Sehingga vegetable cutter hanya dapat membuat empat macam bentuk yang berbeda. Sedangkan vegetable slicer memiliki minimal delapan buah jenis pisau dalam satu paketnya. Apalagi pemotongan sayur dari sudut yang berbeda, walaupun menggunakan pisau yang sama, dapat membuat bentuk potongan yang berbeda. Sehingga dari delapan jenis pisau bentuk potongan sayur yang bisa dibuat oleh vegetable slicer minimal enam belas bentuk.

Penggunaan

Untuk target pengguna vegetable cutter dan vegetable slicer sudah memiliki target yang jauh berbeda. Jika target dari vegetable cutter adalah sebuah UMKM ( Usaha Mikro Kecil dan Menengah ), berbeda dengan vegetable slicer yang mengacu pada ibu-ibu rumah tangga atau pemilik usaha kecil seperti catering sebagai target pasarnya. Penentuan target ini bukan tanpa alasan yang jelas.

Vegetable cutter memiliki kapasitas produksi mencapai 120 kg per jam. Sedangkan vegetable slicer hanya dapat digunakan untuk memotong sayur tanpa kapasitas yang jelas. Walaupun ada kapasitas yang jelas, pasti kapasitas tersebut jauh di bawah 120 kg per jam.

Harga

Dari banyaknya perbedaan tersebut, pastinya harga kedua alat ini sangat jauh berbeda. Tentunya harga vegetable lebih mahal dibandingkan harga vegetable slicer. Satu set vegetable slicer dijual dengan harga mulai dari 200 ribu rupiah. Sedangkan satu paket vegetable cutter dijual dengan harga mulai dari 9 juta rupiah.

Perbandingan yang sangat jauh bukan? Namun itu tidak terlalu menjadi masalah yang berarti. Ini disebabkan harga tersebut cukup worth it dengan manfaat dan spesifikasi serta fitur yang dibawa oleh keduanya.

LEAVE A COMMENT

All fields are mandatory.